Tentang IPasar

Dengan jumlah komoditas dan produk unggulan di Indonesia dan pelaku usaha Koperasi sebanyak 230 ribu dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sebanyak 21 juta, merupakan suatu potensi pasar yang besar, namun pasar yang ada saat ini tidak cair dan tidak terorganisir sehingga timbul resiko ketidakpastian harga, pasokan dan panjangnya rantai distribusi dan intermediasi perdagangan berikut tiadanya akses pembiayaan/kredit.

PT. IPasar Indonesia, menyediakan e-commerce platform atau e-stores sebagai etalase bagi setiap produsen/penjual untuk menawarkan penjualan produk dan jasanya ke konsumen di pasar global dan solusi pembayaran elektronik untuk meningkatkan pemasaran dan promosi barang hasil produksi KUKM Indonesia.

Kegiatan usaha pemasok adalah menyediakan produk/ jasa kepada pelanggan. Untuk melakukannya, pemasok harus membeli bahan/material dan/atau jasa dari pemasok lainnya, mengolah, dan kemudian menjual produk kepada pelanggan. Ide utama dari e-commerce adalah untuk otomatisasi proses bisnis sebanyak mungkin. Dengan "proses" yang dimaksud adalah untuk hal-hal seperti pemasaran, inisiasi pesanan, pemenuhan kebutuhan, pembelian, pembayaran, pengiriman produk dan layanan pelanggan dengan tujuan untuk lebih menguntungkan dan meninggalkan cara tradisonal bagi para pelaku usaha.

Produk yang ditawarkan untuk dilelang adalah komoditas berupa produk bahan mentah hasil pertanian, kelautan dan kehutanan yang tersertifikasi – Sistem Resi Gudang (SRG) dan disimpan digudang yang dikelola oleh Pengelola Gudang yang tersertifikasi.

Penjaminan penyelesaian transaksi oleh PT. Kliring Berjangka Indonesia (Persero)

Platform mempergunakan Electronic Auction Platform yang dapat diakses di auction.ipasar.co.id

Fasilitas Layanan kredit skor, pembiayaan, program pelatihan dan pemeringkat.

Target utamanya adalah layanan pasar yang terorganisir, layanan penyelesaian transaksi dan layanan intermediasi pembiayaan bagi Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) dengan tujuan membantu pengembangan pemasok dan pertumbuhan sektor KUKM Indonesia, yang dapat menyebabkan peningkatan kompetisi dan perbaikan dalam kualitas barang. Bekerjasama dengan komunitas pembiayaan dari lembaga keuangan bank dan non-bank termasuk penjaminan/ asuransi kredit untuk penyediaan pembiayaan yang lebih mudah dan lebih murah daripada alternatif yang ada saat ini bagi KUKM, baik yang bankable maupun yang un-bankable tapi layak usaha. Komponen utama :

"MENG-INTEGRASIKAN KUKM INDONESIA KE RANTAI PASOKAN GLOBAL DENGAN TERSEDIANYA FASILITAS PEMBIAYAAN YANG MUDAH, MURAH, CEPAT DAN TANPA AGUNAN* BAGI KUKM INDONESIA"

Dengan adanya IPasar, diharapkan segala problema pada gambar diatas dapat dihilangkan atau setidaknya dapat dikurangi.