SIPINDO

SIPINDO (Sistem Informasi Pertanian Indonesia) Powered by SMARTseeds adalah aplikasi yang diciptakan untuk memberikan kemudahan akses informasi pertanian kepada para petani di seluruh Indonesia. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan benih sayuran PT East West Seed Indonesia (EWINDO) dan diciptakan untuk memberikan kemudahan akses informasi pertanian kepada para petani di seluruh Indonesia.

Adapun, misi SIPINDO yakni mensejahterakan dan meningkatkan taraf hidup para petani Indonesia dengan  menyediakan informasi mengenai teknik budidaya tanaman, hama penyakit tanaman, serta menyediakan akses pasar untuk kebutuhan jual beli dari hasil panen.

Sejak diluncurkan April 2017, SIPINDO Powered by SMARTseeds  telah dimanfaarkan lebih dari 14.000 petani. Diharapkan pada akhir 2019 nanti, aplikasi ini dapat membantu 100.000 petani di Indonesia.

Program ini menggunakan prinsip PPP (Public Private Partnership) yang melibatkan konsorsium 6 lembaga yaitu ICCO Cooperation, EWINDO, Nelen and Schuurman, University of Twente (ITC), Avko dan IPB.

Aplikasi ini anda bisa mendownloadnya gratis pada ponsel pintar android melalui Google Playstore.
Setelah mendownload anda harus mendaftarkan diri sebagai (Petani, Penjual atau Penyuluh) dan melakukan verifikasi no. ponsel. Usai terdaftar anda bisa mendapatkan berbagai macam manfaat dari aplikasi ini.

Manfaat aplikasi SIPINDO :
  • Anda dapat mengetahui informasi dan peta penanaman sayuran di Indonesia untuk memudahkan dalam melakukan perencanaan penanaman sehingga dapat menghindari over supply saat panen yang bisa menyebabkan turunnya harga panen.
  • Anda dapat mengetahui informasi harga sayuran terkini sehingga lebih mudah dalam bernegoisasi dengan pedagang.
  • Anda juga bisa mengetahui teknik bertanam sayuran yang benar dan juga bisa berkonsultasi langsung tentang budidaya tanaman dan pengendalian hama penyakit tanaman.
  • SIPINDO juga dilengkapi fitur rekomendasi pemupukan untuk beberapa daerah di Indonesia (saat ini baru tersedia untuk area Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Lampung) dan kami akan terus perluas hingga dapat menjangkau seluruh daerah di Indonesia.
  • Anda dapat mengetahui prediksi curah hujan (CH) bulanan untuk 6 bulan ke depan serta prediksi awal musim kemarau (AMK) dan awal musim hujan (AMH).
  • Bagi pedagang, anda bisa mengetahui lokasi penananaman sayuran di sekitar anda sehingga lebih mudah untuk mencari produk yang ingin dijual.
  • Anda dapat melakukan jual-beli produk-produk komoditi melalui fitur IPASAR
  • Bagi petugas atau penyuluh pertanian, melalui Sipindo anda bisa membantu lebih banyak petani di lapangan untuk mendukung kesuksesan pertanaman mereka.
  • Para petani juga dapat mengetahui informasi keberadaan petugas EWINDO (Cap Panah Merah) terdekat sehingga lebih mudah untuk berkonsultasi.

Menginstal aplikasi SIPINDO akan memberikan banyak sekali manfaat yang Anda bisa didapatkan. Segera instal Sipindo sekarang juga di ponsel android anda dan jadikan Anda sebagai bagian utama penggerak bangkitnya pertanian Indonesia. Anda dapat menginstal langsung pada Android Anda dengan cara klik disini.