Terus Naik, Harga Daging Ayam di Pasar Legi Solo Rp 38 Ribu/Kg

11/06/2018 10.44

Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikFinance

Solo - Kenaikan harga daging ayam terus menjadi perhatian dalam sebulan terakhir. Di Pasar Legi Solo, harga terus merangkak naik hingga mencapai Rp 38 ribu per kg. Hal tersebut terpantau dalam inspeksi mendadak (sidak) oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama Dinas Perdagangan (Disdag) Surakarta di Pasar Legi Solo, Minggu (10/6/2018).

Salah satu pedagang, Warni, mengatakan harga daging ayam merangkak naik sejak memasuki Ramadan. Akibatnya, permintaan daging ayam di tempatnya menurun. "Sebelumnya Rp 35 ribu, baru kemarin naik jadi Rp 38 ribu. Sekarang jadi sepi, biasanya bisa 200 kg sehari, sekarang 100 kg saja belum pasti habis," kata Warni.

Dia memperkirakan kenaikan harga ini turut disebabkan oleh aksi mogok yang dilakukan para pengepul ayam di Solo Raya, kemarin. Aksi mogok itu membuat pasokan ayam menjadi seret. "Kemarin ada aksi mogok. Itu juga yang membuat pasokan daging sulit," ujar dia.

Sementara itu, Staf Khusus Mendag bidang Hubungan Antarlembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan, Eva Yuliana, mengatakan akan mengumpulkan seluruh pemangku kepentingan sore ini.

"Mereka akan kita ajak duduk bersama. Nanti kita akan tahu apa penyebab sebenarnya dan kita cari solusinya. Termasuk kemungkinan akan kkta gelar operasi pasar daging ayam untuk menurunkan harga ayam," katanya.

Adapun selain daging ayam, kenaikan harga juga terjadi pada cabai. Sedangkan komoditas lainnya cenderung stabil. Cabai rawit merah naik dari Rp 30 ribu menjadi Rp 32 ribu per kg. Cabai rawit putih naik dari Rp 18 ribu menjadi Rp 20 ribu per kg. Sedangkan cabai merah keriting naik dari Rp 23 ribu menjadi Rp 25 ribu. (dna/dna)

Sumber : detik.com

 

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4062792/terus-naik-harga-daging-ayam-di-pasar-legi-solo-rp-38-ribukg

« Back